Kapan Harus Berobat ke Dokter Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial?

Dokter spesialis umumnya memiliki cabang atau bagian keahlian yang jenisnya ada banyak sekali menyesuaikan dengan kondisi kesehatan pasien. Sehingga nantinya ketika mereka berobat akan langsung mendapatkan rujukan pengobatan kepada dokter yang tepat. Salah satu diantaranya adalah masalah yang berhubungan dengan mulut, kondisi yang cukup sering dialami oleh masyarakat, tak hanya berhubungan dengan kesehatan gigi saja, melainkan juga masalah kesehatan yang lebih serius sehingga membutuhkan tindak operasi atau pembedahan, maka nantinya Anda akan dirujuk pada spesialis bedah mulut dan maksilofasial .

Mungkin sudah banyak yang tidak asing lagi dengan bagian spesialis satu ini yang ditujukan untuk kebutuhan pembedahan pada mulut dengan berbagai macam tujuan. Karena memang bidangnya yang cukup luas, maka kemudian diperluas lagi areanya, seperti diantaranya adalah:

  1. Koreksi deformitas wajah, ini adalah sebuah kondisi dimana wajah umumnya memiliki cacat bawaan atau masalah cedera traumatis, sehingga nantinya pasien tersebut ingin mengembalikan bentuk wajah seperti semula, jadi akan terlihat normal kembali. Maka proses pengobatan bisa ke bagian yang satu ini.
  2. Onkologi, bidang bedah yang satu ini fokusnya lebih kepada menangani masalah kanker, khususnya adalah kanker yang menyerang bagian mulut, kemudian juga tumor di bagian leher hingga kelenjar. Sedangkan untuk bagian kanker di tenggorokan maka akan berhubungan dengan dokter THT.
  3. Pengobatan oral, umumnya adalah pengobatan yang berhubungan juga dengan kedokteran gigi, spesialis yang berhubungan secara khusus umumnya dengan bagian-bagian wajah dan juga area tertentu yang ditemukan di belakang wajah.
  4. Bedah trauma, ini juga berada di bawah spesialis bedah mulut dan maksilofasial, dimana tindakan pembedahan tersebut dilakukan pada jaringan keras maupun lunak yang rusak karena sebuah peristiwa tertentu, salah satu diantaranya adalah disebabkan oleh kecelakaan, jatuh ataupun juga kekerasan.
  5. Bedah kosmetik, tindakan bedah ini lebih ditujukan untuk kebutuhan memperindah wajah, seperti diantaranya adalah prosedur bedah plastik, dilakukan di beberapa bagian wajah mulai diantaranya adalah rahang, mulut dan juga wajah.

Lalu kapan harus berobat kepada dokter spesialis ini? berikut yang hendaknya Anda ketahui, yaitu:

  1. Telah mendapatkan rujukan oleh dokter umum, inilah yang hendaknya diketahui, Anda bisa melakukan pengobatan kepada dokter ini jika seandainya dokter umum yang menangani masalah tersebut sudah merujuk untuk menjalani pengobatan dengan kedokteran spesialis tersebut.
  2. Telah di diagnosa menderita kanker kepala dan juga leher, berdasarkan pemeriksaan yang sudah dilakukan, ternyata terlihat bahwa memiliki penyakit kanker, baik itu tumor atau adanya sel kanker sehingga harus segera menjalani program pembedahan.
  3. Mengalami cacat pada bagian mulut maupun wilayah maksilofasial, memang pada dasarnya tidak semua jenis cacat berbahaya bagi manusia, namun ada yang memang benar-benar butuh tindak pembedahan untuk mengembalikannya seperti normal karena menganggu kualitas hidupnya dan juga ditujukan untuk meningkatkan rasa percaya dirinya kembali.
  4. Pasien tersebut mengalami sakit, nyeri yang terjadi pada area wajah sehingga membuatnya sulit untuk melakukan aktivitas sebagaimana mestinya.
  5. Butuh untuk menciptakan penopang yang tepat pada bagian mulut, sehingga nantinya mereka dapat mengunyah atau menggigit makanan dengan lebih baik.

Jadi sekarang Anda tahu kapan nantinya harus melakukan pengobatan ke spesialis bedah mulut dan maksilofasial. Karena masalah yang sudah berhubungan dengan mulut ini tak jarang menciptakan kondisi yang tidak nyaman, bahkan juga sangat berbahaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *