5 Manfaat yang Didapat Saat Memilih Sistem Pelumas yang Tepat

Pemilihan lubrication system pertambangan tak bisa dilakukan secara sembarang karena sangat berkaitan dengan kelancaran industri secara keseluruhan. Sistem pelumasan ini harus diperhitungkan sedemikian rupa karena tak hanya meliputi operasional industri saat day-to-day tetapi juga menyangkut aspek keamanan dan lingkungan. Ada berbagai manfaat yang didapat ketika Anda memilih sistem pelumas yang tepat dalam industri pertambangan Anda, di antaranya:

1. Lebih ramah lingkungan
Lingkungan merupakan salah satu area paling berisiko dalam dunia pertambangan, meliputi pencemaran air hingga produksi karbon di udara. Oleh karena itu, jenis lubrication system yang dipilih akan sangat memengaruhi bagaimana aktivitas pertambangan dapat berdampak pada lingkungan di sekitar. Sebagai saran, pilihlah sistem pelumas yang mampu meningkatkan efisiensi mesin pompa hidrolik untuk menghemat penggunaan bahan bakar, yang berarti emisi karbon yang lebih rendah.

2. Optimasi produktivitas
Downtime tak terduga pada peralatan pertambangan jelas akan sangat memengaruhi bisnis secara keseluruhan secara negatif. Untuk itu, sistem pelumas dengan analisis yang baik dapat membantu menurunkan risiko lewat pendekatan yang lebih proaktif dan prediktif dalam hal maintenance.

3. Mengurangi maintenance
Dengan mengurangi jumlah dan frekuensi maintenance alat tambang, ditambah meningkatkan umur pakai alat, sistem pelumas dapat membantu menurunkan risiko yang dapat terjadi dalam aspek keamanan pekerja maupun produktivitas. Hal ini dikarenakan fungsi pelumas yang dapat mengurangi risiko kerusakan pada permukaan alat tambang dari logam yang disebabkan oleh penggunaan harian yang berat karena pelumas yang mampu menjaga permukaan alat agar tidak terpengaruh oleh gesekan dalam pengoperasiannya. Alat pun tidak membutuhkan maintenance yang sering karena jeda antara periode maintenance satu dan periode maintenance berikutnya yang cukup jauh, sehingga akhirnya juga berpengaruh pada usia pakai alat yang lebih panjang.

4. Meningkatkan keamanan
Salah satu faktor risiko yang teridentifikasi dalam industri pertambangan adalah aspek keamanan dan keselamatan pekerja. Banyak faktor bahaya terkait dengan industri pertambangan yang berasal dari adanya interaksi antara manusia dengan peralatan serta mesin. Dengan memilih sistem pelumas yang baik serta frekuensi maintenance yang lebih rendah seperti yang dijelaskan dalam poin sebelumnya, hal ini juga berarti bahwa risiko pekerja berada di dalam situasi berbahaya dapat ditekan.

5. Biaya yang lebih rendah
Dengan mempertimbangkan pajak dan royalti yang meningkat dalam dunia pertambangan, penggunaan pelumas yang dapat memaksimalkan penggunaan alat dan mesin, memperpanjang usia, menghemat biaya bahan bakar, hingga menurunkan risiko kerugian, pada akhirnya juga berdampak pada biaya operasional pertambangan yang mampu ditekan lebih rendah. Dengan demikian, operasional pertambangan dapat dijaga agar tetap efisien dengan cara mampu memberikan hasil yang maksimal, namun dengan biaya operasional yang lebih rendah.

Itu dia lima manfaat yang didapat saat memilih sistem pelumas yang tepat. Jadi, baiknya pertimbangkan matang-matang saat hendak memilih sistem pelumasan, ya. Pastikan sistem yang dipilih mampu mendukung dan memenuhi lima manfaat di atas. Semoga membantu!